Kantung Semar?

Nepenthes sp. merupakan tanaman hias yang populer di luar negeri sana, tapi tidak (atau baru) dikenal di rumahnya sendiri. Kantung semar, nama lain dari Nepenthes ini memiliki keunikan tersendiri dari tanaman lainnya. Kantung semar ini hidup di tempat tanaman lain tidak bisa hidup, yaitu tanah yang mengandung sedikit mineral yang dibutuhkan agar sebuah tanaman dapat hidup. Lalu bagaimana kantung semar ini bisa hidup? Yaitu dengan memakan serangga lewat kantung yang muncul dari daunnya. Ajaib bukan?šŸ˜€

Kantung semar beserta calon mangsanya

Kantung semar beserta calon mangsanya

Tanaman yang memiliki kemampuan seperti kantung semar ini disebut juga insektivora, yang dapat diartikan sebagai tanaman pemakan serangga. Kantung semar ini khusus hanya dapat diketemukan di benua Asia, dengan Indonesia memiliki jumlah keragaman spesies kantung semar yang paling banyak. Itu belum termasuk variasi yang dimiliki dari spesies kantung semar tersebut. Misalnya untuk kantung semar jenis N. rafflesiana dan N. mirabilis. Kedua jenis spesies tersebut memiliki puluhan bahkan ratusan variasi corak dan bentuk kantung. Padahal sebagai perbandingan, biasanya spesies tanaman kantung semar yang dijual di luar negeri hanya terdiri dari satu tanaman yang diperbanyak lewat kultur jaringan.

Kantung semar sendiri di Indonesia mulai menggeliat sebagai hobi pada sekitar tahun 2005 ditandai dengan maraknya penjualan tanaman kantung semar ini di Pameran Flora dan Fauna di Lapangan Banteng. Saat ini, para kolektor kantung semar ini bernaung di sebuah organisasi bernama Komunitas Tanaman Karnivora Indonesa (KTKI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s