Nepenthes maxima Maluku

Kantung semar ini merupakan salah satu legenda dalam perkantungsemaran di Indonesia. Bersama dengan Nepenthes maxima dari Sulawesi (wavy leaf form), kantung semar jenis ini adalah salah satu pemegang rekor kantung semar terbesar di Indonesia (yang rekornya saat ini dimiliki oleh Pak Yanto Suwendi). Ukuran kantungnya bisa menyamai botol air mineral kemasan 1,5 liter.

Kantung semar ini memiliki karakteristik berbeda daripada Nepenthes maxima pada umumnya, yaitu bentuk kantung yang lonjong silinder diserta dengan peristome yang mekar dan tebal. Jenis peristome yang mekar dan tebal ini hanya dimiliki oleh Nepenthes maxima dari dua sumber, yaitu dari Maluku dan Sulawesi.

Peristome Nepenthes maxima, kantung semar

Peristome Nepenthes maxima Maluku

Kantung semar ini adaptif dipelihara di berbagai ketinggian. Tapi karena aslinya berasal dari dataran tinggi, ukuran kantung yang dapata menyamai air mineral kemasan 1,5 liter akan sulit dicapai di dataran rendah. Di tempat saya, kantung semar ini ditanam dengan menggunakan campuran media cocopeat dan sekam bakar 1 : 1 dan hanya mendapat sinar pagi.

Kantung semar, Nepenthes maxima

Ukuran Nepenthes maxima Maluku saat ini

Saat ini, kantung semar asal Maluku ini masih eksklusif hanya ditanam oleh kolektor dari Indonesia aja. Belum ada kolektor dari negara lain yang pernah menanam ini,

-Anggota Komunitas Tanaman Karnivora Indonesia

Leave a comment

Filed under Nepenthes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s